Senin, 23 Januari 2012

Setitik Peranku untuk Indonesia

0 komentar
Oleh: Aina Ursila


Jika berbicara tentang permasalahan yang ada di negeri ini rasanya sangat sulit. Bukan karena negeri ini lepas dari permasalahan tapi karena banyaknya permasalahan yang dihadapi oleh negeri ini dan telah mengakar. Permasalahan di negeri ini seakan tidak ada habisnya. Berita yang disuguhkan oleh media mayoritas menggambarkan tentang kekacauan negeri ini. Kelaparan, kemiskinan dan  kebodohan merupakan suatu hal yang biasa. Masyarakat sudah terlalu sering melihat realita sosial seperti itu dan yang ada di pikiran masyarakat adalah Indonesia akan tetap seperti ini dan tidak akan berubah nasibnya.

Keadaan Indonesia seperti ini dikarenakan karena lunturnya jati diri dan hilangnya karakter yang kuat sebagai Bangsa Indonesia. Nilai-nilai Pancasila yang kini tidak dijadikan lagi sebagai pedoman hidup bernegara melainkan hanya menjadi sebuah kalimat atau mungkin hafalan yang tidak mengandung makna. Sulit memang untuk mengamalkan nilai-nilai pancasila dan mempunyai karakter yang kuat. Salah satu contohhnya adalah korupsi. Korupsi di sini bukan hanya ditujukan oleh satu kalangan saja namun di semua lingkup strata sosial yang ada karena korupsi dapat dilakukan oleh siapapun bagi yang mempunyai kesempatan. Korupsi dapat mengakibatkan banyak permasalahan di Indonesia. Indonesia sebenarnya sangat mampu untuk mensejahterakan rakyatnya yang didapatkan dari pajak. Bukankah pajak tersebut itu dari rakyat untuk rakyat? tapi kenyataannya tidak seperti itu. Para pejabat negara hanya mementingkan dirinya sendiri dan hanya berpikir bagaimana cara menimbun uang bukan memikirkan kewajibannya yaitu rakyat.

Indonesia adalah negara yang sangat kaya akan Sumber Daya Alam, namun kekayaan ini belum dapat terolah dengan baik dikarenakan kurangnya Sumber Daya Manusia. Banyak warga Indonesia yang memiliki pengetahuan dan kemampuan yang cukup untuk mengelola negeri ini namun hanya sedikit yang memilih untuk tetap setia dan dapat memajukan negeri ini. Materi yang ditawarkan di negara lain sangat jauh berbeda dengan Indonesia. Selain itu, masih banyak pula di Indonesia yang tidak tersentuh oleh pendidikan sehingga membuat SDM makin sedikit. Lantas, siapa yang akan mengelola Indonesia ini? Membiarkan orang-orang asing mengambil alih semua kekayaan Indonesia dan memperbudak si tuan rumah dengan upah yang tidak pantas dan memeras tenaga mereka? Hanya satu jawabannya yaitu TIDAK. Di sinilah peran saya sebagai mahasiswa dan generasi muda lainnya untuk mengeluarkan Indonesia dari permasalahan ini. Contoh kecilnya, mencari pegetahuan sebanyak-banyaknya untuk memajukan Indonesia supaya Indonesia tidak lagi hanya menjadi budak di tanah sendiri melainkan menjadi pemimpin di tanahnya.

 Tidak hanya ilmu pengetahuan yang harus dicari, melainkan menumbuhkan jati diri dan memiliki karakter yang kuat. Contoh kecilnya, sebagai mahasiswa yang memiliki karakter yang kuat tidak akan berpikiran untuk menyontek demi mendapatkan nilai yang bagus, yang dipikirkan adalah bagaimana proses untuk memperoleh nilai. Bisa dibayangkan jika para generasi mudanya saja hanya memiliki tujuan untuk medapatkan nilai bagus dan menjalankan cara-cara yang kotor beberapa tahun kemudian jika menjadi pejabat negara, ia akan menggunakan cara yang kotor pula hanya untuk mendapatkan materi. Sikap peduli juga  harus diterapkan sejak dini supaya kelak nantinya akan memikirkan nasib rakyat dan tergerak untuk memperbaiki keadaan sekitar dan tidak mementingkan ego semata. Tidak saya pungkiri, saya sebagai mahasiswa pun terkadang melupakan nilai-nilai pancasila dan saya masih belajar untuk memiliki karakter yang kuat. Tidak mudah memang. Di sini saya sedang tahap belajar pula untuk berusaha menjadi seseorang yang dapat berguna dan bukan menjadi beban negara. Saya pun sedang tahap membentuk karakter dan mencoba peduli dengan keadaan sekitar. Dengan begitu saya akan siap untuk menjadi agen perubahan untuk Indonesia yang lebih baik nantinya. Generasi muda sangat berperan dalam menyelesaikan permasalahan Indonesia ini. Mungkin permasalahan Indonesia memang banyak dan tidak akan selesai dalam jangka waktu yang cepat. Tapi saya yakin Indonesia bisa bangkit, Indonesia mampu dan Indonesia dapat mengubah semua keadaan karena memiliki Agent of Change yang berkualitas dan berkarakter. 



Leave a Reply

Pengikut

Diberdayakan oleh Blogger.
 
The Reformers © 2011 DheTemplate.com & Main Blogger. Supported by Makeityourring Diamond Engagement Rings

You can add link or short description here