Senin, 23 Januari 2012

Perananku Untuk Indonesia

0 komentar

Oleh: Natalya Kurniawati
 

Seperti yang kita telah ketahui bersama, tanah air kita, Indonesia adalah negeri yang kaya. Negeri yang melimpah sumber daya alam dan sumber daya manusianya. Setelah hampir 67 tahun merdeka, Indonesia banyak mengalami berbagai hal baik itu kesulitan maupun kemajuan. Salah satu yang perlu diberikan perhatian oleh kita tentunya generasi muda adalah masalah kemiskinan dan jaminan sosial.

Tak jarang kita melihat pemukiman kumuh di tengah megahnya ibu kota. Masih banyak anak-anak terlantar, fakir miskin, dan orang-orang yang tidak memiliki penghidupan yang layak sehari-harinya. Sejauh ini pemerintah telah berusaha mengatasi berbagai permasalahan tersebut dengan membuat kebijakan yang nantinya diharapkan akan berpihak pada rakyat. Namun sekarang, pada kenyataannya rakyat masih harus menunggu dan menunggu kapan usaha-usaha tersebut akan benar-benar terealisasi.

Di negeri ini dan saat ini, saya adalah seorang mahasiswa. Individu yang kini telah meiliki gelar ‘maha’ tidaklah lagi sembarangan dalam menjalani kehidupan sehari-harinya. Kini, saya memiliki tanggung jawab yang lebih besar. Tri dharma perguruan tinggi harus benar-benar dijunjuk oleh seorang mahasiswa. Pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat.

Selain wajib dalam menuntut ilmu, sebagai seorang mahasiswa saya juga dituntut untuk melakukan fungsi penelitian. Menurut saya, penelitian di sini tidak hanya sebatas penelitian secara ilmiah saja, tetapi juga mencakup penelitian di lingkungan sekitar. Di sini saya berperan untuk meneliti apa saja masalah-masalah yang sedang berkembang di lingkungan sekitar, baik itu dalam lingkup fakultas, universitas, atau bahkan permasalahan yang lingkupnya nasional. Selain dituntut untuk lebih peka dan kritis terhadan perkembangan isu-isu sekarang dan mendatang, sebagai mahasiswa saya dituntut juga untuk menjadi bagian dari solusi permasalahan-permasalahan tersebut. Mengikuti berbagai organisasi yang mencakup nilai-nilai pokok pergerakan di dalamnya menjadi suatu kebutuhan tersendiri bagi saya. Dalam organisasi tersebut, saya akan dibentuk dan saya sendiri akan membentuk diri menjadi individu yang mempunyai alur berpikir kritis, cerdas dalam menganalisis keadaan, serta dapat lebih tanggap terhadap kedaaan sekitar. Saya merasa di sanalah peran saya akan dibutuhkan dan kewajiban saya untuk menjadi bagian dari solusi itu akan tersalurkan.

Tidak cukup hanya penelitian. Fungsi yang terakhir adalah pengabdian masyarakat. Dalam fungsi ini, peran saya adalah seperti yang sebelumnya telah saya singgung, yaitu menjadi bagian dari solusi. Dalam organisasi yang telah dan akan saya masuki, saya akan melakukan fungsi pengabdian ini dengan berbagai cara, misalnya dapat berbentuk advokasi ataupun gerakan aksi turun kejalan serta propaganda, gerakan-gerakan seperti bakti sosial, serta mengikuti berbagai kaderisasi yang bertujuan selain untuk menjaga kedinamisan pergerakan mahasiswa, tetapi juga menanamkan nilai-nilai kepekaan terhadap lingkungan sosial, politik, ekonomi, pendidikan dan lain-lain. Dengan peran-peran saya saat ini dan tentunya tidak hanya sendirian saya melakukan peran-peran tersebut, diharapkan pada masa yang akan datang negeri ini dapat hidup jauh lebih baik dan lebih makmur.

Leave a Reply

Pengikut

Diberdayakan oleh Blogger.
 
The Reformers © 2011 DheTemplate.com & Main Blogger. Supported by Makeityourring Diamond Engagement Rings

You can add link or short description here